Senin, 05 Januari 2009

Wisata Kuliner Bandung

Hasil dari liburan tiga hari dua malam di Bandung ternyata lebih banyak dihabisin untuk makan-makan yang semuanya enak. Bukan cuman karena gratis, tapi memang bener-bener enak. Ini dia hasil deskripsi lidahku :

  1. Hoka-hoka Bento

Lokasi : Stasiun Kereta Api

Sebenernya sih ini bukan menu khas Bandung. Restoran frenchise ini punya menu yang jadi makanan pertamaku di Bandung. Berhubung restoran ini punya menu makanan Jepang yang tersedia di stasiun, soalnya rencananya aku, kakakku, dan pacarnya mau istirahat dulu begitu sampai di hotel.

Aku makan menu paket A yang isinya 2 shrimp roll, 1 spicy chicken, beef yakiniku, 1 salad & 1 nasi. Rasanya sih aku suka, soalnya udah biasa makan ini sejak kecil (dulu ibuku sering banget bawa pulang HokBen yang jadi menu makan siangnya kalo rapat).

 

  1. Ma’Uneh

Lokasi : Jl. Setiabudi

Ini restoran ala Sunda yang katanya ada juga cabangnya di Jakarta, di daerah Jl. Ampera. Menunya cukup beragam, aneka makanan sunda. Menu Ma’Uneh ini jadi makan malam hari pertamaku. Makanan yang aku, kakakku, dan pacarnya makan adalah cumi, ayam bakar, bakwan jagung, sayur asam, paru goreng, oseng jamur, sambal terasi.

Rasanya sih oke, tapi sayangnya terlalu manis apalagi untuk ukuran makanan Sunda. Aku aja sampe mikir... ini masakan Sunda apa Jogja yah? Harganya lumayan lah, lumayan mahal. Standar restoran keluarga gitu kayaknya.

 

  1. Surabi Bandung

Lokasi : Jl. Setiabudi

Makanan ini kayaknya udah jadi makanan wajib untuk orang-orang yang dateng ke Bandung. Menu kreasi surabi udah banyak banget di Bandung. Di seberang restoran Surabi ini ada lagi warung Surabi yang rame juga, cuman restoran Surabi ini lebih mirip kafe yang agak mirip rumah makan. Tempatnya lumayan romantis, walaupun menurutku rada nyeremin, temanya Sunda banget.

Seperti yang udah aku bilang, variasi surabi yang dijual disini lumayan beragam, ada yang ditambahin oncom, ayam, jagung, coklat, vla stroberi, dsb. Nggak cuman itu aja yang ditawarin, menu yang lebih berat juga dijual disini dan rasanya enak juga kok, mulai dari nasi timbel sampe sup buntut goreng. Yang paling aku suka adalah minumannya, susu jahenya yang bikin anget rasanya asli banget tapi nggak bikin eneg, selain itu pussyberry juicenya juga ciamik (es krimnya enaaakkk banget).

Soal harga sih standar, untuk surabinya mulai dari 5000-7000an.

 

  1. Mang Oyo

Lokasi : depan Hard Rock FM Bandung

Kalo Mang Oyo ini sebenernya cuman jual bubur ayam, tetapi selain Mang Oyo yang jualan ada juga menu lain dengan penjual yang berbeda. Tempat makan ini ada di rumah orang, jadi suasananya homy banget.

Menu bubur ayamnya baru aku makan untuk sarapan hari kedua, menurutku sih rasanya biasa aja. Buburnya aja biasa, nggak gurih, tapi kentel, katanya terkenal nggak jatuh kalo piringnya di balik. Menu buburnya macem-macem. Enak sih, tapi nggak terlalu unik.

Malahan menurutku yang enak menu yang lain. Di hari pertama dateng aku makan nasi pepes ayam rempah. Buset, rasanya mantep banget... nasinya tuh di bungkus daun pisang, rasa nasinya guriiih banget (nasi uduk terenak di dunia yang pernah aku makan), diatas nasinya ada teri asin yang digoreng, ayamnya nggak terlalu banyak tapi empuk, tahu, tempe, lalap, dan sambel. Semua mantabh, sambelnya juga cihui... selain itu, jus stroberinya juga enak, dicampurin susu, jadi rasanya legit banget.

 

  1. Sam’s

Lokasi : tempat parkir Summit (factory outlet) Jl. Dago

Ini sih udah ada tempatnya di Jakarta, daerah Jakarta Selatan. Yang terkenal enak adalah Mi Yamin-nya. Dan ternyata... sumpah, enak banget, beda dari biasanya, kata kakakku, Yamin ini jadi standar Yamin yang bisa dibilang enak. Ada menu lain juga yang dijual, tapi yang paling terkenal yah Yamin dan jus stroberinya. Jusnya enak juga, manis, banyak, asemnya juga pas.

 

  1. Juice stroberi

Ini sih aku minum di pinggiran salah satu Factory Outlet di Jl. Riau (lupa namanya). Tapi di sepanjang jalanan di Bandung, cukup banyak gerai yang jual jus stroberi. Rasanya biasa aja, tapi tetep menyegarkan dan khas banget.

 

  1. Jamur Crispy

Lokasi : Pinggir Jl. Riau

Jamur yang digoreng rada beda sama jamur goreng di Jogja, jenisnya mirip sama Jamur Tiram (mungkin juga itu, nggak nanya sama mamangnya sih) jadi dibikin panjang-panjang bukan digoreng bentuk lebar gitu, dibumbuin tepung dulu biar kriuk-kriuk, bahkan ada yang hot n crispy juga loh.

 

  1. Batagor Jl. Riau

Lokasi : Rumah makan di Jl. Riau (lupa namanya)

Jualanny macem-macem, tapi yang aku makan cuman batagor sama otak-otaknya. Otak-otaknya yang menurutku enak, tapi batagornya biasa aja, soalnya gorengnya rada kematengan, jadi agak keras deh.

 

  1. Batagor Riri

Lokasi : Jl Setiabudi, sebelah Mode Plus

Ini batagor paling tenar se-Bandung. Mahal. Batagornya sendiri gede banget, enak, empuk, ikannya terasa banget. Sayangnya, saos kacangnya gak yahud. Bikin jadi nggak sempurna.

 

  1. Mi Kocok

Lokasi : Seberang Kartika Sari deket stasiun

Mirip soto mi, ada tetelannya, pake toge, trus mi-nya lebih sedikit gepeng dari mi biasanya. Rasanya enaaak banget, karena kuahnya mantaph.

 

  1. Es Alpukat

Lokasi : sebelah mamang yang jual mi kocok

Rasanya enak banget, padahal cuman alpukat diudek2 trus dikasih susu dan es serut. Nikmat dan seger banget.

 

  1. Kartika Sari

Lokasi : gang kecil deket stasiun

Ini sih oleh-oleh andalan Bandung. Molennya terkenal banget. Enak banget, tapi sayangnya harganya cukup mahal. Untuk molen pisang keju dus kecil aja musti dibayar seharga 23.500 perak.

 

  1. Cheese Stick

Lokasi : gerai snack di Bandung (banyak yang jual kok)

Rasanya keju banget, harganya mahal, isinya dikit tapi harganya sekitar 18 ribuan. Sayangnya yang dibeliin kakakku di Kartika Sari nggak seenak yang dibeli di gerai snack Jl. Riau.

 

1 komentar:

Anonim mengatakan...

he...
pengen kk..