Minggu, 19 Oktober 2008

Listening their story, making me crying

Tiga minggu udah aku lewatin untuk praktek di RSJ Magelang. Semuanya terasa menyenangkan banget, walaupun ada hal-hal yang gak aku suka dari proses kebersamaan kelompok di sana, tapi kalo udah urusan sama pasien, bikin aku seneng banget. Bisa ngilangin semua perasaan sedih, bete, marah, bahkan bisa bikin aku ngucap Alhamdulillah di dalam hati.
Apalagi pas hari Jumat kemarin, pas aku dan temen-temen sekelompok bikin Terapi Aktivitas Kelompok. Rasanya seneng banget karena mereka semua ngerasa seneng dengan acara yang kita bikin, ngikutin tiap games yang hasilnya ternyata seru banget, bisa bikin mereka belajar. Aku juga jadi makin kenal sama semua pasien yang ada di bangsalku. Aku bisa ngeliat kalo mereka semua yang tinggal di sana ternyata saling mendukung dan menyemangati satu sama lain, bahkan mereka bisa ngajak becanda temen-temennya sendiri. Apalagi aku, aku merasa terhormat banget bisa dikenal sama mereka semua, bisa jadi pusat perhatian, dan bahkan bisa berbagi tawa sama mereka. Mereka bisa bikin aku ketawa, bisa aku ketawain, bahkan bisa aku becandain.
Mungkin keliatannya kurang ajar dengan becandain mereka dan nganggep mereka sebagai temen-temenku sendiri yang dengan seenaknya bisa aku ajakin becanda. Tapi, selama 3 minggu ini, aku ngeliat ada sedikit perbedaan diantara mereka, ada beberapa orang yang udah bisa menampakkan ekspresi wajah sesuai dengan perasaanya, tentunya dengan ngajakin mereka supaya bisa sensitif dengan apa yang mereka rasain, karena aku dan temanku selalu nanyain perasaan mereka setiap kali kita ngobrol.
Tapi, tiba-tiba di hari jumat sore, aku ngerasa sedih banget ngeliat mereka. Aku jadi pengen banget nangis. Semua karena kondisi mereka yang ternyata hampir semua dari mereka nggak diterima sama keluarganya, bahkan keluarga mereka merasa bahwa RSJ adalah tempat terbaik buat mereka. Padahal, mereka tuh pengen banget bisa pulang, pengen banget kumpul lagi sama keluarganya, dan pengen banget bisa hidup normal. Aku yakin, minum obat setiap hari kalo nanti mereka udah sembuh, pasti bakalan terasa berat banget, apalagi ditambah sama keluarga yang nggak ngedukung...
Aku jadi nggak pengen pergi dari mereka, aku pengen terus ngasih dukungan ke mereka, ngasih kebahagiaan buat mereka. Bayangin aja, hampir semua dari mereka bilang aku cantik loh... Jarang-jarang kan tuh.
Nanti, pasti aku bakalan kangen banget sama mereka. Tinggal lima hari lagi aku disana, trus bakalan jauh dari mereka. Aku sekarang bisa bilang, kalo aku sayang banget sama mereka. Dan berharap, kalo suatu saat aku kesana lagi, mereka udah nggak ada disana lagi.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

"Walau hidup kadang tak adil, tapi cinta lengkapi kita.."

yah,
emg itulah yg paling menyedihkan..
dilupakan sm org2 tersayang...
ditinggalkan,, disingkirkan..
huahahaha.. hix..