Rabu, 27 Agustus 2008

#mi luvly family part 2 = iBu

Kasih ibu kepada beta
tak terhingga sepanjang masa

Hanya memberi, tak harap kembali
bagai sang surya menyinari dunia

(kasih ibu, NN)


Kenapa yang aku pilih untuk ngegambarin Ibu adalah lagu ini? Yah, ini lagu yang paling bisa ngegambarin kasih Ibu ke aku selama ini. Ibu yang perasaan sayangnya nggak pernah putus ke aku, walaupun udah banyak kejadian dimana aku bersikap kurang ajar sama beliau.
Sejak kecil, memang aku nggak pernah akur sama Ibu, aku selalu jadi anak yang ngeyel, ngelawan, marah, teriak sama Ibu, bahkan aku sering banget ngatain dia "cerewet". Aku sama sekali ngehargain Ibu saat aku bisa ketemu Ibu tiap hari, saat aku bisa denger suaranya, bisa liat mukanya yang nyebelin, dan bisa liat kalo dia nggak pernah bersyukur punya anak aku.
Aku nggak pernah bener di mata dia, semuuuaaa yang aku lakuin selalu aja salah, aku nggak pernah jadi anak pinter di mata dia. Bayangin aja, aku dapet rangking 1 di sekolah aja, Ibu masih ngerasa kalo aku harusnya bisa lebih baik dari itu. Nggak ada pujian yang aku dapet dari Ibu. Ibu bener-bener obsesesif sama aku. Rasanya, semua keinginan yang dulu belum pernah dia dapet, dia serahin semua ke aku. Aku selalu harus jadi anak kebanggaan dia.
Kalo aja aku boleh ngomong ke Ibu, kalo aku capek, kalo aku pengen banget jadi diriku sendiri, kalo aku pengen jadi seseorang yang bisa jalan di atas kakiku sendiri. Tapi aku nggak pernah sanggup... Aku cuman bisa marah sama beliau, teriak sama beliau, dan aku sering bikin beliau nangis.
Sampai akhirnya aku tahu kalo Ibu kena penyakit diabetes melitus yang memang udah bakat dari kedua eyangku. Aku sering berfikir kalo aku taaakkkuuuutttt banget kalo suatu saat nanti aku bakalan cepet kehilangan ibuku, bakalan nggak denger dia yang cerewet lagi, bakalan nggak denger dia yang selalu ngatain aku gendut. Jujur aja, setelah aku tau Ibu sakit, aku sama sekali nggak berubah, aku tetep jadi aku yang ngelawan, aku tetep jadi aku yang suka banget ngece beliau. Bahkan, sampai akhirnya aku tau penyakit itu bakalan menggerogoti ibuku, berdampak besar sama keseluruhan kesehatan fisik beliau. Sekarang, Ibu nggak cuman sakit diabetes, tapi juga sakit jantung, kolesterol, hipertensi, asam urat, rematik, giginya juga mulai keropos. Ibuku sakit. Aku cuman tau itu.
Lalu, akhirnya aku memutuskan untuk nerusin kuliah S2 di Jogja dan pisah dari Ibu. Walaupun sering pulang, tapi rasanya tetep beda. Aku nggak bisa ngeliat Ibu yang marah-marah lagi. Dari keadaan yang memisahkan aku sama Ibu. Aku jadi sering banget kangen sama beliau.. Aku jadi nggak mau lagi ngelawan beliau. Aku bahkan jadi tahu, bahwa aku bisa jalan dan berlari sejauh ini, adalah karena Ibu. Karena Ibu yang rela banting tulang jadi pencari nafkah di keluargaku dengan kondisi kesehatan dia. Ibu yang rela nangis-nangis di depan ketua darma wanita demi nyari utang untuk biaya S2-ku.
Aku sekarang cuman pengen bisa liat ibuku senyum. Sedikiiitt aja... Dan aku bisa ngerasain senyuman Ibu sekarang. Ibu senyum loh kalo nyeritain aku di depan temen-temennya, Ibu senyum loh waktu ngomongin aku di depan sodara-sodara. Ibu bangga loh punya anak aku. Walau aku belum bisa ngasih apa-apa ke beliau.... Aku tahu kalo Ibu sayang sama aku ngelebihin dari sayangnya sama dirinya sendiri.
Ada sesuatu yang sekarang beda sama aku. Setiap aku pulang ke rumah, aku nggak pernah berhenti untuk meluk Ibu dan nyium dia. Aku nggak pernah berhenti bilang "I love u" ke Ibu kalo pas beliau telepon. Aku nggak pernah berhenti denger dia bisa curhat apaaaa aaajjjjaaa ke aku. Bahkan, aku sekarang tahu, gimana dukanya jadi seorang Ibu buat aku.
Aku cuman nggak mau bikin beliau kecewa.

I love you mommy... I always crying when I remember ur face... U is my future...

Sekarang, kalo aku liat dia tepat berdiri di depan mataku... Aku cuman bisa ngomong dalam hati "Ibuku udah keliatan tua banget ya... Tapi, aku udah bikin apa sampe saat aku berdiri di depan dia yang tua ini?"

Tidak ada komentar: